Cerpen : Merdeka Itu .. Ya Berkarya Lah !


Hi Guys' gue nulis kali ini agak dikit kritis boleh donk... Mau tau isinya ? kita langsung ke TKP. Gue emang nggak tahu lebih jauh apa itu Indonesia. Gue juga nggak mau tahu itu. Yang gue tahu, Indonesia itu cukup satu negara yang kaya dengan banyak gugusan pulaunya, negeri bahari yang luasnyaaaa luar biasa, diisi beragam suku, bahasa, agama dan budaya, yang  penduduknya ramah abis (dominan), yang kental banget persaudaraannya (sejauh ini), yang nyajiin banyak bentangan alam nan asri, indah, permai dan oke bingits. Pastinya yang selalu diposting anak instagram yang hitz-hitz tea, Sekedar itu.

Gue nggak tahu lagi apa yang mau gue bahas dari Indonesia. Bukannya apa, gue sudah muak dengan berita-berita di televisi yang topiknya makin lama bikin pusing, ruwet, gak berujung dan semaunya.

“Yang diatas, adalah raja yang berkuasa. Yang dibawah, hanya prajurit perang yang mengenyam sisa.” Itulah penggambaran gue saat ini sama Indonesia.

Bukannya Gue nggak mau mikirin ekonomi, politik, sosial dan budaya bangsa sendiri, cuma gue emang udah pusing aja mikirin hidup gue yang udah begini gara-gara pikiran dan kelakuan para oknum pejabat yang bikin susah rakyat kecil.  PUSING GUE MIKIRIN GINIAN! HAHAHAHAKKK


Tapi, sebagai anak muda penerus cita-cita bangsa… apa gue nyerah dengan keadaan Indonesia yang semakin lama semakin gak jelas "menurut gue" ?  Indonesia tuh sekarang kayak gini. Pecah. Tumpah. Ambyar.
Dan gue akan menjawab dengan bangga serta penuh semangat…..ENGGAK !! Ya ! Gue nggak akan nyerah dengan keadaan Indonesia yang semakin kayak gini "runyam". Soalnya, masih banyak yang bisa gue lakuin selama itu positif dan berguna buat gue, buat keluarga gue, orang sekitar gue dan buat Indonesia sih kalau bisa (kalau bisa). Ketimbang kudu puyeng mikirin ‘kenapa negaraku begini ? Begitu? Hohoh’

Emang, apa yang bisa lo banggain dari Indonesia yang sekarang?

Gue pun teringat perjuangan para pahlawan yang udah rela berkorban mempertaruhkan nyawanya di medan perang melawan para penjajah dulu. Mereka dengan semangat yang berkobar aja mau susah-susah ngerebut balik Indonesia buat dijadiin negara merdeka. Masak iya, gue yang nggak perlu lagi ngerasain dan terjun ikut perang, nggak dengerin bom dimana-mana dan udah tinggal enaknya gini, masak nggak bisa merasa bangga dengan perjuangan mereka?? lalu malah mau ngelupain perjuangan mereka begitu saja? OEMJI

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHORMATI JASA PARA PAHLAWANNYA

Nnggak perlu repot-repot buat ngehormatin jasa para pahlawan tersebut dengan cara lebay sok-sokan jadi pahlawan disekolahan dengan cara tawuran. Duh, itu sih apaan. Memalukan! Salah tuuuh.

Cukup jadi Generasi Muda yang baik dan mau ngamalin nilai-nilai pancasila, gue rasa itu udah lebih dari cukup bisa bikin para pahlawan tersebut ngerasa dihargain sama kita.

Pasca merdeka, Indonesia tuh udah enak. Seenggaknya gue lagi nggak mau bahas para oknum pejabat yang doyan korupsi. Tapi gue mau bahas rakyat-rakyatnya yang udah nggak perlu ketakutan sama suara perang lagi, penghancuran massal lagi dan nggak ada pertumpahan darah yang bisa langsung dilihat di depan mata lagi. Nggak perlu lagi denger jerit tangis, takut kehilangan sanak keluarga karena dijadiin pelampiasan dan tumbal buat para penjajah nan gila yang gak punya budi itu!!

Dan dari buah kemerdekaan 70 tahun silam… inilah rakyat yang Indonesia rasakan; mau APA – APA ENAK. *seenggaknya ENAK yang mau gue bahas disini itu BUKANLAH ENAK YANG SEBENARNYA. Tapi ya…. Lu baca aja nih abisin*

Zaman dulu, kita selalu diawasi sama pasukan kompeni. Mau apa-apa juga nggak enak. Mau pergi, pasti disetiap jalan ada kompeni yang jaga. Belanja ke pasar, pasti kompeni juga jaga. Mau kesini, ada kompeni. Kesitu, kompeni lagi. Kalau kita berbuat mencurigakan dikit, padahal cuma mau diam-diam kemana gitu.. Pasti langsung di dor! Nah! Kaga bebassss!!

Coba kita tengok sekarang, apa kita masih ngerasain kayak gitu? Dulu, kita terbatas mau berekspresi. Sekarang kita bebas berekspresi.

BELAJAR

Dulu, mau belajar itu susah. Malah kaga bisa. Boro-boro belajar, kerjaan yang rakyat Indonesia tau, cuma cocok tanam. Gara-gara dipaksa ngehasilin kekayaan di bumi sendiri buat dikeruk sama si kompeni. Belajar itu cuma buat kalangan atas. Buat kalangan bawah semacam rakyat yang cuma pakai kemben dan rumah bilik bambu, ‘belajar itu apa? Belajar itu gimana? Belajar itu siapa?’. Nah! Apa yang bisa lo gambarin dari situasi zaman dulu? Iya, belajar itu GELAP, BUTA, HITAM buat para sebagian besar rakyat biasa.

Baru setelah  merdeka, mulai tumbuh lilin-lilin di rumah para warganya. Lilin ilmu yang bisa didapet dari yang namanya belajar. Mereka mulai paham bahwa belajar itu perlu, punya ilmu itu enak, punya ilmu itu nggak gampang di bego-begoin sama kompeni. Seenggaknya, derajat rakyat naik sedikit karena ilmu.

Nyari ilmu zaman dulu vs zaman sekarang;
Belajar di zaman dulu itu ngumpet-ngumpet dan nggak rutin bisa belajar setiap hari. Tapi semangatnya ada. Nggak kayak sekarang….. Belajar udah boleh dimana aja, kapan aja pun masih suka nggak ada semangatnya.

KARYA

Ya, anak Indonesia zaman dulu itu susah buat berkarya. Kalau dilihat dari pengorbanan mereka dalam belajar, bisa dibilang mereka emang susah juga mau mengapresiasi karyanya. Secara, fasilitas pun susah mereka dapet.
Zaman sekarang? Enak cahhh. Anak Indonesia sekarang tuh pikirannya udah berkembang, kreatif, inovatif. Media udah ada. Zaman dulu, boro bisa ngegambar pemandangan di kanvas pakai cat air.. Boro! Dulu tuuh cuma bisa ngelukis diatas tanah atau…. Ngelukis di udara… hem

Zaman sekarang, gak ada canvas, kertas buku pelajaran juga bisa. Dinding rumah orang aja bisa di-karyain. Eh tapi jangan suka gambar gak jelas di diniding rumah orang doong~ gak tau apa beli cat buat ngebagusinnya itu mahal? Pfff

Zaman dulu mau nulis itu susah. Kertas nggak ada, pulpen juga ribet lah dari tinta terus ditulisnya pake bulu ayam. Kebayang pegelnya kayak apa kan buat nulis?
Zaman sekarang sih enak, kertas banyak, laptop juga ada, seengganya, pulpen udah nggak seribet dulu. Tapi malangnya, zaman sekarang itu pulpen suka ilang sendiri dari tempat pensil. -,- hororrr

Nggak cuma gambar dan nulis, sekarang udah banyak karya yang diapresiasi sama pemerintah. Mau main music? Bikin lagu? Bikin video kreatif? Ngelukis? Bikin buku? Enak loh udah ada lahannya.
Udah banyak lahan yang mau nampung kita. Komunitas. Yak! Zaman dulu mana ada komunitas yang mau berbagi ilmu berkarya? Zaman sekarang sih enak, mau tau cara bikin video, cari aja website yang bisa ngajarin tutorialnya, nilai plus kalau ada komunitasnya. Seenggaknya, bisa nambah temen dari ikutan komunitas, bisa juga nambah ilmu baru. Enak kaaaan???

MERDEKA ITU YA BERKARYA!

Cara gue mengenang dan menerapkan kemerdekaan, gue cuma bisa ngelakuin hal-hal sebisa gue. Contohnya; belajar, berhubungan baik sama masyarakat, nggak ngerendahin orang, ngejaga keharmonisan bangsa Indonesia sebisa gue; gak bikin onar, gak nimbulin perpecahan antar temen. Ya karena temen itu kan salah satu yang perlu di jaga, soalnya kalo pecah bahaya, bisa perang lagi. Perang antar temen. Wakakak

Menjaga kekeluargaan. Yoi. Sebagai anak bangsa, gue wajib menjunjung rasa cinta tanah air dengan cara menjaga kekeluargaan antar sesama manusia. Karena… Indonesia itu ya keluarga! Yoih aziq gak tuh?

Dan yang terakhir itu berkarya!

Ya kita emang belum bisa berkarya jauh-jauh dan menangin berbagai penghargaan dan bawa nama Indonesia menang di ajang-ajang tertentu di luar sana. Tapi, udah banyak karya orang lain yang bisa bikin Indonesia ‘ada’ di mata Dunia.
Seenggaknya, masa iya nggak ada rasa tergerak buat ikut berkarya juga kayak mereka, yakannn???

Tapi, sebagai kalangan anak bangsa yang kecil, gue mikirnya… ya buat berkarya itu nggak perlu harus bawa nama baik Indonesia sampe atas, yang penting bagi gue adalah bisa ngegunain waktu gue dengan hal-hal yang berguna dan positif tentunya buat diri gue sendiri. Daripada gue cuma ngejelek-jelekin orang, ngegalau nangis nggak jelas, ngirian sama orang terus, ngata-ngatain pemerintah yang kaga bakal abis tujuh turunan, dan bikin kekacauan diluar sana, berantem sama temen. Ahhhh gak banget! Mending ngehasilin karya, kan?

Bagi gue, berkarya itu gak perlu mahal. Karena menurut gue, berkarya itu ya tinggal lakukan! Karya itu banyak macemnya. Coba aja cari di gugel. Ehehe
Kalo lo bisanya gambar, ya gambar aja. Lo bisa nulis, ya nulis aja. Lo bisa ngitung, ya kerjain soal itungan aja. Lo jago berpusi, ya tulis aja puisinya. Lo bisanya mainin hati anak orang? ETDAH KELAUT AJA LU!!

Ya begitulah cara gue. Menurut gue, cara paling efektif majuin dan ngangkat derajat sendiri, keluarga sampai kalau bisa bangsanya sendiri, ya dengan karya!! Karya yang positif ya tentunya!! Yoih chakep gak tuh?

Buat gue sendiri, berkarya itu bukan paksaan. Itu murni muncul dari diri sendiri. Karya buat gue itu ya memenuhi kepuasan batin dengan cara yang tentunya banyak banget!!! Sukur-sukur berguna buat orang banyak.

“SETIDAKNYA DENGAN BERKAYRA, ITU SALAH SATU CARAMU MEMERDEKAKAN DIRIMU DARI PENJAJAHAN YANG MENGGANGGU PIKIRANMU”


MEDIA UDAH ADA, SOB!! KARYA JUGA HARUS NYATA DONGGGG!! YAGASIIII???

Gue nggak mau dan nggak perlu jauh-jauh mikirin “APA YANG UDAH NEGARA KASIH BUAT GUE?”
Ya karena harusnya sebagai anak muda Indonesia, kudunya mikir “APA YANG UDAH GUE KASIH BUAT NEGARA?” Gitu.

DIRGAHAYU NEGERIKU JAYALAH BANGSAKU

Teruntuk masalah negara yang menyangkut ekonomi, politik dan sosial, saya mau berdamai dulu dari kalian. Karena pikiran saya sudah terlalu banyak dan sekarang saya ingin sedikit MEMERDEKAKAN MASA MUDA INI DENGAN KARYA. Bukannya ingin lupa, tidak. Karena saya juga harus kritis terhadap hal itu. PVFT. Jiwa ini juga ingin bebas dan lepas, ya caranya dengan mengesampingkan kalian dulu. Wakakak

YOK BERKARYA! IMAJINASI MU TAK HANYA SELEBAR MEJA BELEJAAAAR!!! AYOOOOOOO TUNJUKAN PADA DUNIA KALAU KALIAN ITU BISA DAN KREATIF!!! JANGAN TAKUT BERKARYA!!!


Entah kekuatan darimana, gue  bisa nulis kayak gini. Bhahahahahahahahaha

Oke maafkan atas segala salah dalam tulisan ini. Karena gue anaknya emang sotoy ayam abis! Ya ambil positifnya aja yaaaaa~~ karena yang negative itu gak perlu dibawa pulang. Yoiiiiih~~


Atas Nama Sebagian Bangsa Kecil di Indonesia,

Penulis : Nur Agustiningsih Purnawan


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel