Hati-Hati 10 Bakteri Bahaya Yang Hinggap Di HP Kamu, Waspadalah



Kemungkinan beberapa orang sudah tahu bakteri berbahaya di ponsel kita, tetapi banyak yang tidak mengenalinya. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa ponsel adalah salah satu objek yang tidak bersih. Menurut penelitian, setiap satu inci persegi, perangkat mobile ini mengandung sekitar 25 ribu kuman! Pertanyaannya adalah, bakteri apa saja yang singgah di Smartphone kita?

1. Pseudomonas Aeruginosa


Pseudomonas Aeruginosa biasanya ditemukan di peralatan rumah sakit, di kolam renang atau juga alat yang biasa digunakan oleh manusia. Pseudomonas Aeruginosa juga merupakan bakteri yang resisten terhadap pengobatan setelah infeksi. Bahkan ada perawatan khusus yang sengaja dibuat oleh tim medis untuk pasien, yaitu dengan memasukkannya ke ruang ICU yang bebas dari perangkat seluler.

2. Corynebacterium


Corynebacterium adalah patogen berbahaya bagi tubuh manusia yang dapat menyebabkan kematian. Bakteri jenis ini biasanya 'menyemprotkan' racun ke tenggorokan manusia dan membuatnya sulit bernapas. Terkadang bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi kulit.

3. Clostridium Difficile


Clostridium Difficile atau disebut juga C. difficile adalah bakteri rata-rata yang ditemukan di kursi yang jarang dibersihkan. Gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri ini antara lain demam, mual, sakit perut hingga kehilangan nafsu makan.

4. Ragi


Ragi atau ragi adalah bakteri yang baik untuk minuman atau makanan tertentu, tetapi akan menjadi lebih buruk jika bakteri jenis ini mencemari tubuh manusia. Bakteri sering ditemukan di perangkat seluler. Ragi dapat menyebabkan gatal pada kulit atau bahkan masalah organ penting wanita.

5. Jamur 


Jamur yang biasanya dapat ditemukan di tempat yang lembab atau terkadang dapat membuat daun hitam dan mati. Menurut sebuah studi oleh para ilmuwan dari Turki beberapa tahun yang lalu, 10 persen perangkat seluler yang mereka survei mengandung Mold di dalamnya. Jamur jenis ini dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, demam hingga infeksi paru-paru.

6. Staphylococci Negative Coagulase (CoNS)


Staphylococci Negative Coagulase (CoNS) adalah jenis staphylococcus yang kebal antibiotik, biasanya pada kulit manusia dan saluran vagina. Staphylococcus biasanya menyebar dari tempat-tempat yang diklasifikasikan sebersih rumah sakit dan sebagainya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Ghana pada 2011 dan mengungkapkan bahwa 100 perangkat seluler diambil secara acak, 15 persen di antaranya positif untuk CoNS. Bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pembuluh darah.

7. Streptococcus A 


Streptococcus A biasanya ditemukan pada anak-anak, seperti sakit tenggorokan. Ketika parah, bakteri jenis ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius akibat demam berdarah. Streptococcus B dapat menyebabkan gangguan kemih dan darah, pneumonia hingga infeksi kulit yang parah.

8. Escherichia Coli 


Escherichia Coli adalah bakteri berbahaya yang membahayakan tubuh. Bakteri ini biasanya ditemukan di ponsel karena penggunanya tidak peduli dengan kebersihan ponsel mereka. Bakteri jenis ini dapat menyebabkan diare dan muntah. Jika tidak ditangani dengan serius itu bisa berbahaya.
Bakteri jenis ini juga sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Ada 2 jenis bakteri Streptococcus, Streptococcus A dan Streptococcus B. Meskipun nama yang berbeda keduanya berbahaya.

9. Staphylococcus Aureus


Staphylococcus Aureus adalah jenis bakteri yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Beberapa jenis bakteri dapat menyebabkan infeksi kulit seperti terbakar. Menurut penelitian, penyebaran bakteri ini dari tempat-tempat yang sebenarnya 'area bersih' seperti rumah sakit atau perawatan medis lainnya. Proses penyebarannya cukup cepat jika perangkat seluler yang digunakan sangat kotor atau tidak pernah dibersihkan.

10. Coliform


Salah satu bakteri di smartphone adalah coliform. Jenis bakteri ini sebagian besar ditemukan pada tinja manusia atau hewan, tetapi dapat ditemukan pada tanaman yang membusuk. Meskipun tidak membuat pengguna ponsel jatuh sakit, itu menjadi hal yang menjijikkan ketika kita tahu bahwa bakteri pada ponsel sama dengan bakteri di tanah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel