Cara Alami Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak


Kabar mengenai virus corona yang merajalela menjadi perhatian dunia beberapa waktu terakhir. Oleh sebab itu, imunitas tubuh wajib ditingkatkan agar terhindar dari risiko buruk tertular berbagai virus. Terapkan pola hidup yang sehat dan bebas stress agar Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus. Jika orang dewasa memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima, maka daya tahan tubuh si kecil bisa saja melemah saat cuaca tidak menentu. Yuk, simak cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak berikut!

1. Mengajari anak untuk menjaga kebersihan 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah si kecil terserang penyakit adalah menjaga kebersihan. Ajari si kecil untuk selalu menjaga kebersihan mulai mencuci tangan yang benar, menggunakan hand sanitizer sebelum menyentuh atau mengkonsumsi makanan, menutup mulut saat batuk atau bersin, dan lain-lain.

2. Memberikan makanan yang bergizi 

Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak bisa dilakukan dengan memberikan menu makanan yang bergizi. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran agar si kecil memiliki ketahanan tubuh yang bagus. Kalau anak Anda kurang suka dengan sayuran, kombinasikan resep kreatif untuk merangsang nafsu makan anak.

3. Rutin melakukan olahraga 

Ajak si kecil melakukan aktivitas fisik setiap hari minimal 10-30 menit. Bermain kejar-kejaran atau melakukan kegiatan bersih-bersih rumah bersama bisa menjadi solusi aktivitas fisik menyenangkan. Kalau Anda tergolong orang yang sibuk bekerja, luangkan waktu libur untuk berolahraga bersama seperti bersepeda, jogging atau berenang.

4. Pastikan si kecil beristirahat cukup

Istirahat cukup menjadi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak secara alami. Anda wajib memastikan si kecil istirahat siang setidaknya 1 jam setiap hari dan istirahat malam minimal 8 jam. Berdasarkan rentang usia, istirahat anak 3-5 tahun yang ideal sekitar 10-13 jam sedangkan anak 6-11 tahun sekitar 9-11 jam setiap hari.

Pemberian suplemen atau vitamin juga bisa menjadi upaya untuk meningkatkan imunitas anak. Anak yang sehat dan bugar bakal lebih kebal dari serangan berbagai virus penyebab penyakit berbahaya. Yuk, jaga kesehatan si kecil dengan menerapkan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak di atas!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel