Asam Urat Terasa Menyiksa, Simak Sayuran yang Direkomendasikan Berikut !


Asam urat merupakan nyeri yang terasa begitu hebat di bagian sendi dan sering menyerang lansia. Jika tidak segera ditangani, kadar asam urat yang tinggi bisa sebabkan batu ginjal. Bagi penderita penyakit asam urat, penting sekali untuk memilih jenis makanan yang bisa mengatur kadar asam urat tetap normal. Berikut jenis sayuran untuk asam urat yang direkomendasikan dunia kesehatan:

1. Terung dan Tomat

Terung dan tomat sangat dianjurkan untuk penderita asam urat karena memiliki kandungan purin yang cukup rendah.

2. Wortel 

Anda bisa membuat jus wortel atau memasukkan sayuran berwarna oranye cerah pada menu makan harian. Zat purin cukup rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat yang tinggi.

3. Kentang dan Brokoli 

Tidak hanya sayuran untuk asam urat yang mengandung purin rendah saja, kentang dan brokoli tergolong jenis sayuran yang kaya vitamin C. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi bisa membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh Anda.

4. Kacang-kacangan 

Penderita asam urat memang disarankan untuk menghindari konsumsi ikan laut. Padahal ikan laut merupakan jenis makanan yang mengandung protein tinggi dan baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan sumber protein yang lain, Anda harus mengganti menu ikan laut dengan kacang-kacangan. Jenis sayuran untuk asam urat yang bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

5. Bayam dan jamur

Bagaimana mungkin bayam kaya purin bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat? Ternyata penelitian menunjukkan bahwa bayam mengandung purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sedangkan jamur merupakan jenis sayuran yang kaya serat dan rendah kalori, penderita asam urat bisa menikmati olahan jamur yang lezat, lho!

Selain mengkonsumsi sayuran untuk asam urat, penderita wajib tetap menerapkan pola hidup yang sehat. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang berpotensi meningkatkan serangan asam urat seperti minuman beralkohol, daging merah, jeroan, makanan cepat saji, minuman bersoda, dan oatmeal. Boleh mengkonsumsi jenis susu rendah lemak, yoghurt dan keju sebagai asupan protein harian. Yuk, jaga kesehatan diri agar terhindar serangan asam urat atau meminimalisir gejala asam urat sejak dini!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel