Kenali Kandungan dan Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan, Yuk !



Buah jeruk memiliki citarasa manis dan asam yang memiliki penggemar tersendiri. Mengkonsumsi jus jeruk yang segar tentu menjadi pilihan untuk melepas dahaga saat musim panas. Tak hanya bisa menghilangkan rasa haus saja, buah jeruk memiliki kandungan dan manfaat besar bagi kesehatan. Penasaran? Yuk, simak manfaat buah jeruk untuk kesehatan berikut ini!

1. Mengandung karbohidrat dan air

Kandungan karbohidrat pada 100 gram jeruk sekitar 11,8 gram yang berbentuk gula sederhana. Tak heran kalau rasa manis alami jeruk berasal dari karbohidrat ini. Dengan indeks glikemik rendah, buah jeruk aman dikonsumsi oleh orang-orang yang khawatir bakal mengalami kenaikan gula darah dalam tubuh. Meskipun karbohidrat pada jeruk menyebabkan rasa manis, Anda mengkonsumsi glukosa, fruktosa dan sukrosa alami, lho!

2. Mengandung serat yang tinggi

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan bisa menjaga sistem pencernaan tetap lancar alis mengurangi risiko terkena masalah susah BAB. Buah yang berasal dari Pegunungan Himalaya yang tersebar di seluruh dunia ini terbukti mengandung serat yang berasal dari pectin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat dalam jeruk bisa menjadi sumber makanan untuk bakteri baik dan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

3. Mengandung vitamin dan mineral tinggi

Vitamin C memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh termasuk mencegah penyakit sariawan dan gusi berdarah. Selain kaya vitamin C, manfaat buah jeruk bagi kesehatan sangat banyak sebab buah jeruk memiliki vitamin B1 dan B9. Selain itu, jeruk memiliki mineral potassium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh Anda.

4. Mengandung antioksidan tinggi

Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin bisa mencegah penyakit kardiovaskular dan membuat Anda lebih awet muda. Senyawa tanaman flavanoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Asam nitrat yang ada pada jeruk bisa menurunkan risiko terkena penyakit batu ginjal.

Berdasarkan ulasan mengenai kandungan dan manfaat buah jeruk bagi kesehatan, Anda masih ragu untuk mengkonsumsi buah asam manis ini? Yuk, segera belanja buah jeruk untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda dan keluarga! Mulai hidup sehat dari konsumsi buah jeruk secara rutin, kenapa tidak?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel