Bahaya Konsumsi Ikan Buntal yang Wajib Anda Ketahui


Kasus kematian akibat mengkonsumsi ikan buntal bukan pertama terjadi di Indonesia. Kematian 3 anggota keluarga di Banyuwangi menjadi kasus konsumsi ikan buntal yang wajib dijadikan pengingat semua orang. Ikan buntal merupakan jenis ikan yang memiliki racun berbahaya sehingga tidak boleh dikonsumsi manusia. Kurangnya pengetahuan mengenai bahaya konsumsi ikan buntal menjadi poin penting yang harus diperhatikan.

1. Racun berbahaya dalam ikan buntal 

Ikan buntal yang dikenal dengan nama ikan fugu di Jepang telah lama dikenal sebagai ikan yang tidak boleh dikonsumsi manusia. Meskipun tidak memberikan efek langsung pada ikan predator besar seperti hiu, ikan buntal bisa menyebabkan masalah pada manusia yang mengkonsumsi olahan ikan ini. Berdasarkan beberapa referensi terpercaya, racun ikan buntal dipercaya 100 kali bahkan 1000 kali lebih kuat dibandingkan dengan racun sianida.

Bahaya konsumsi ikan buntal dikarenakan toksin dalam tubuh ikan buntal termasuk golongan neurotoksin atau jenis racun yang merusak sistem saraf. Tetrodotoxin lebih banyak berada di ovarium dan hati, sedangkan bagian kecil racun berada di usus, kulit dan jejak di otot. Racun yang masih tertinggal pada bagian tubuh ikan buntal akan menyebabkan masalah kesehatan termasuk kematian.

2. Dampak buruk mengkonsumsi ikan buntal bagi kesehatan

Apa saja bahaya konsumsi ikan buntal pada manusia? Sejak konsumsi ikan buntal, manusia akan mengalami dampak buruk seperti saraf lidah dan bibir lumpuh, pusing, muntah, mati rasa pada seluruh tubuh, kesemutan, jantung berdetak tidak normal, penurunan tekanan darah dalam tubuh, dan terjadi kelumpuhan otot. Kerja sistem pernapasan menjadi terhenti sehingga orang yang mengkonsumsi olahan ikan buntal bisa mengalami kematian.

Mengetahui bahaya konsumsi ikan buntal, sebaiknya tidak memasak ikan yang sangat beracun ini. Olahan ikan buntal yang tidak dimasak baik bisa menyebabkan racun karena organ tubuh di dalam ikan buntal tidak dibersihkan sempurna. Ada pula orang yang berhasil sembuh dari konsumsi ikan buntal setelah mengalami koma beberapa hari. Itulah alasan kenapa beberapa negara melarang konsumsi ikan yang bisa sebabkan keracunan ini. Yuk, bagi informasi penting ini pada orang-orang di sekitar Anda!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel