Tips Bijak Pakai Kartu Kredit Agar Hidup Kamu Aman




Hidup di usia 20an pastinya butuh banyak biaya. Bahkan kebiasaan hidup dengan membeli barang-barang konsumtif sebenarnya kurang baik. Bahkan penggunaan kartu kredit pun harus menggunakan cara-cara paling tepat. Biasanya untuk pakai kartu kredit dibutuhkan pengaturan keuangan lebih sempurna. 

Mengawali penggunaan kartu kredit sebenarnya tidak sulit. Hanya saja Anda harus menggunakan kartu kredit secara bijak. Kasus gagal angsuran ataupun denda akibat kartu kredit kini semakin membuat khawatir penggunanya. Maka dari itu, Anda harus bisa cermati kembali mengenai bagaimana cara-cara bijak agar kartu kredit berfungsi sesuai tujuannya.


Tips Bijak Pakai Kartu Kredit
Siapa saja berpeluang memiliki kartu kredit untuk beragam transaksi. Akan tetapi penggunaan kartu kredit sebaiknya dilakukan lebih bijak. Sebab ada beberapa potensi buruk ketika Anda salah menggunakannya. Lalu seperti apa tips bijak dalam menggunakan kartu kredit?


1. Belilah Barang yang Paling Penting Saja

Ketika Anda sudah memegang kartu kredit, ada baiknya perhatikan dari transaksi pembelian. Jangan terlalu sering membeli barang yang bersifat tidak penting. Karena dari segi tagihan kartu kredit besarnya hutang akan semakin bertambah. 


Maka dari itu jangan sampai membeli barang yang kurang penting apalagi dari biaya pembeliannya cukup mahal. Banyak resiko pengguna kartu kredit yang tidak bisa membayar tagihan karena tidak membuat rencana dan tidak memikirkan resiko penggunaan kartu kredit.


2. Jangan Sembarangan Meminjamkan Kartu Kredit Ke Orang Lain
Satu kesalahan yang sering saat pakai kartu kredit adalah meminjamkannya ke orang lain. Hal ini sebaiknya dihindari karena beresiko menghadirkan kesalahan penggunaan. Maka dari itu dari segi penggunaan dan tanggung jawabnya harus sesuai tujuan pengguna. Bahkan ada beberapa penggunaan uang di dalam kartu kredit yang sebenarnya tidak diperbolehkan orang lain yang menggunakann


 3. Jangan Gunakan Kartu Kredit Lebih Dari Dua Kartu
Jika terlalu banyak menggunakan kartu kredit tanpa ada tujuan yang jelas sebaiknya tak perlu dilakukan. Semakin banyak penggunaan kartu kredit, maka resiko bertambahnya hutang akan semakin tinggi. Maka dari itu untuk mengurangi potensi hutang kartu kredit ada baiknya gunakan kartu kredit dalam jumlah 1 buah saja. Jika sudah tak menggunakan kartu kredit ada baiknya potong kartu kredit agar identitas Anda tidak bocor dan lebih aman.


4. Selalu Bayar Tagihan Secara On Time
Ada satu persyaratan penggunaan kartu kredit yakni bayarlah tagihannya secara tepat waktu. Jadwalkan waktu untuk bayar tagihan tepat waktu agar dari denda keterlambatan tidak terlalu tinggi. Sebisa mungkin bayarlah tagihan secara full satu bulan penuh untuk mencegah tunggakan bunga dan denda. Kesalahan pengguna kartu kredit masih berpusat pada keterlambatan membayar tagihan bulanan. Karena itulah manfaatkan semua akses untuk bisa memaksimalkan semua porsi dari setiap tagihan lebih tepat waktu.


5. Selalu Buat Dana Cadangan
Menjadi salah satu modal tepat untuk bisa membuahkan sistem pembayaran tagihan kartu kredit lebih maksimal salah satunya membuat dana cadangan. Anda bisa membuat dana cadangan dari sisa pemasukan bulanan. Ataupun bisa juga manfaatkan akses pekerjaan tambahan untuk menambah dana cadangan agar proses penagihan lebih mudah dan tepat waktu.


Cara pakai kartu kredit harus lebih cermat kembali karena sejauh ini ada beberapa opsi yang nantinya selalu bisa dihadirkan dengan beberapa metode. Jadi bagi pengguna kartu kredit sebisa mungkin cermati mengenai waktu pembayaran tagihan bulanan agar tak terlambat, ataupun menambah dana cadangan yang berguna untuk mengurangi resiko terlambat membayar tagihan kartu kredit.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel