DataSTICKIES: Media Penyimpanan Canggih Masa Depan


Dunia teknologi semakin berkembang, dan penemuan-penemuannya pun makin canggih. Jaman dulu kita biasa menyimpan data dari komputer ke dalam disket (Floppy Disk). Karena disket memiliki kapasitas yang kecil, maka terciptalah flash disk yang menggunakan port USB sebagai penghubung ke komputer. Kapasitasnya pun beragam mulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB bahkan sampa ada yang memiliki kapasitas 1 TB (Tera Byte). 

Foto: datastickies.com
Kali ini seorang designer Aditi Singh dan profesor Parag Anand dari India tengah mengembangkan media penyimpanan baru yang bernama DataSTICKIES. Media penyimpanan ini fungsinya hampir sama dengan flask disk. Bedanya, jika flask disk menggunakan USB sebagai media penghubung ke komputer, dengan DataSTICKIES kamu cukup menempelkan benda ini ke komputer seperti menempelkan kertas catatan tempel (sticky note).

Foto: datastickies.com
DataSTICKIES ini berbentuk kertas tipis yang ditumpuk dan bisa di kelupas jika dibutuhkan, sangat mirip sekali seperti kertas catatan tmpel (sticky notes). Meskipun berbentuk kertas tipis, tapi benda ini sangat kuat dan tidak mudah sobek karena terbuat dari bahan graphere yaitu material konduktor yang terbuat dari karbon atom. Untuk saat ini, DataSTICKIES mampu menampung data sebesar 32 GB. 

Foto: datastickies.com
Dengan menggunakan ODTS (Optical Data Transfer Surface) yaitu sebuah panel yang dapat menempel pada permukaan depan layar komputer, televisi, sistem musik dan sebagainya DataSTICKIES bisa di gunakan pada berbagai macam gadget, tidak hanya komputer saja. Cara kerja DataSTICKIES yaitu dengan mentransfer data ke permukaan OTDS melalui perangkat konduktif yang unik dan tidak berbekas sehingga bisa dipakai kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel