6 Penyebab Terjadinya Kangker Payudara dan Harus Kamu Hindari Itu


Kangker Payudara bisa berdampak patal buat kamu para perempuan bila ngak bisa menjaganya Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat menimbulkan kanker payudara:

1. Merokok

Merokok diketahui dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker payudara di usia muda dan pada perempuan premenopause. Selain itu, merokok memicu peningkatan risiko komplikasi saat pengobatan kanker payudara, seperti Merusak paru-paru

2. Malas bergerak

Aktivitas fisik yang biasa dilakukan dapat membantu kamu mengurangi risiko kanker payudara. kamu perlu tetap aktif, apalagi setelah menopause. Ada banyak aktivitas fisik yang menjadi pilihan, seperti berjalan kaki, membersihkan rumah, bermain dengan anak-anak, atau berkebun.

3. Gemar makan makanan yang bisa bikin berat badan baik

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal BMI Open, bahwa perempuan yang mengganti ukuran bajunya setiap 10 tahun sekali saat berumur 20-an hingga 60-an, berisiko terhadap kanker payudara sekitar 33 persen lebih tinggi.

4. Suka makan di tengah malam

Bagi kamu yang suka ngemil di malam hari, berhati-hatilah. Menurut sebuah penelitian pada jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention menemukan makan malam lebih awal dapat mengurangi risiko kanker payudara. Glukosa yang tinggi dapat meningkatkan gula darah dan dapat memicu kanker payudara

5. Kerja di malam hari

Wanita memiliki pekerjaan dengan jam kerja bergantian alias shift, kamu perlu waspada. Tidak hanya jam tubuh kamu yang terganggu, kamu juga akan merasa cepat lelah dan kurang tidur. Dampak yang paling parah adalah Anda dapat berisiko terhadap munculnya ciri-ciri kanker payudara di tubuh kamu.

6. Mengonsumsi pil KB

Estrogen pada pil kontrasepsi (KB) memang dapat mencegah kehamilan, tapi pil KB ini dapat menstimulasi sel payudara. Dosis hormon yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terhadap kanker payudara.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Cancer Research tahun 2014, yang dikutip Medical Daily, kontrasepsi yang diminum (seperti pil KB) oleh perempuan berumur 20 hingga 49 tahun dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Namun, kamu tidak serta merta menjadi ragu untuk mengikuti program KB, ada kontrasepsi lainnya. Selain itu, pil KB tetap aman kalau dikonsumsi dengan dosis rendah sekitar 0,02 mg.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel