Ciri-Ciri Prilaku Teman Kita Yang Rentan Terhadap Kenakalan Remaja


Seorang remaja yang mengalami krisis identitas diri memiliki masalah dalam mengendalikan luapan emosi. Dia kesulitan menempatkan diri ketika berinteraksi dengan teman sebaya ditambah lagi dia tidak mendapat figur idola yang tepat untuk identitas dirinya yang mantap. Aibat tidak mampu menerima kenyataan ini membuat dia melakukan tindakan destruktif seperti : bolos sekolah, minder, senang berkelahi, mengurung diri, dan menyalahgunakan narkoba.

Dan ini ciri-ciri prilaku teman kamu yang harus diketahui agar kita dapat membantu mencegahnya :

1. Mudah kecewa, tindakan agresif dan destruktif dilakukan ketika mengalami perasaan kecewa atau tertekan. Kecewa ini menimbulkan luapan emosi atau kemarahan baik pada diri sendiri maupun lingkungannya, sehingga sering bertindak ceroboh tanpa perhitungan.

2. Memiliki kepribadian lemah, kurang percaya diri kurang yakin pada kemampuan diri sendiri, takut ditolak, mudah putus asa, apsif dan pesimis

3. Senang jalan pintas akhirnya pandai berpura-pura, pandai berbohong dan suka merayu untuk menutupi kekurangan atau kelemahan dirinya, pandai membuat sensasi dan bersandiwara menipu orang lain.

4. Tidak sabar dan tidak dapat menunda pemuasan keinginan

5. Mudah bosan dan tidak toleransehingga membuatnya merasa tertekan. mencari alasan untuk menyalahkan keadaan atau orang lain atau kambing hitam , suka protes sosial atau anti sosial.

6. Tidak berani menghadapi tantangan, lari dari tanggung jawab, takut gagal, pandai mencari alasan untuk menutupi rasa tidak mampunya  atau kemalasan, suka menunda tugas, mengabaikan kewajiban tapi gigih menuntut haknya.

7. Tidak mampu mengatasi masalah, menderita gangguan tingkah laku sejak kecil, prestasi disekolah rendah dan malas belajar, tidak diterima oleh teman sebayanya.

8. Cenderung melakukan hal-hal yang disukai  tanpa mengenal batas waktu. Sering memaksakan keadaan hingga sering juga mengalami kekecewaan akibat ulahnya sendiri

9. Kurang motivasi untuk berkarya  atau beusaha, sering membuat alasan, mudah putus asa, mudah marah dan cenderung selalu negative thinking.

10. Sejak usia dini sudah suka merokok, berteman dengan peminum, pengguna atau pengedar narkoba. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel