Indonesia Negara Dengan Destinasi Kerajaan Termasyur Di Asia Yang Bikin Bangga

Untuk kalian para pelajar Indonesia kalian harus tau berapa banyak kerajaan yang ada di negara kita pada jaman kejayaannya. Negara yang terbelah menjadi beberapa pulau dengan bermacam sukubangsa, bahasa dan budaya ini pernah jadi penguasa di kawasan asia. pengen tau apa aja kerajaan nya..

1. Kerajaan Majapahit dengan Gajah Mada yang gagah berani (Jawa Timur)


Kerajaan ini adalah kerajaan paling kuat dan besar kekuasaannya di nusantara pada saat itu, dipimpin seorang raja yang penuh wibawa Hayam Wuruk dan patih yang gagah berani Gajah Mada namanya. Gajah Mada seorang patih yang bisa bikin Indonesia bersatu mulai dari sabang sampai merauke. Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 1293 sampai 1500 M, Majapahit sendiri memiliki kepercayaan Hindu-Budha. Hancurnya kerajaan ini akibat banyaknya pemberontakan yang terjadi dan serangan kerajaan Demak yang memiliki kepercayaan islam hingga merubah kebudayaan di Indonesia.

2. Kerajaan Sriwijaya (Sumatra, Palembang)


Kerajaan yang bernuansa Hindu ini berada di pulau Sumatra tepatnya di wilayah Palembang berdiri diperkirakan pada tahun 671 M pada abad ke 7. Sriwijaya dikenal punya armada laut yang kuat dan punya pengaruh kuat di asia tenggara khususnya perdagangan kerajaan ini menguasai jalur dagang antara India dan Tiongkok, menurut informasi kehancuran kerajaan ini sekitar tahun 1017 dan 1025 akibat serangan kerajaan India atas perintah Raja Chola 1 hingga mampu menguasai wilayah jajahan Sriwijaya dan sempat menyandera raja nya Sangrama-Vijayottunggawarman.

3. Kerajaan Padjadjaran (Bogor, Jawa Barat)


Pajajaran atau nama lain kerajaan sunda ini adanya di daerah Bogor, Jawa Barat kerajaan yang memiliki kepercayaan Hindu ini menjadi kerajaan tertua di nusantara. Sri Baduga Maharaja yang sangat dikenal dengan nama Prabu Siliwangi yang sakti mandraguna. Berdiri diperkirakan pada tahun 1030 - 1579 M. Hancurnya kerajaan ini akibat serangan kerajaan Banten yang bernuansa Islam.

4. Kerajaan Tarumanegara (Bekasi, Jawa Barat)


Kerajaan Tarumanegara salah satu kerajaan tertua yang berdiri pada tahun 417 M pada abad ke 4 sampai 7 tetapi peninggalan kerajaan ini banyak ditemukan di daerah Bogor, Jawa Barat. Tarumanegara ada sebelum kerajaan Pajajaran, Raja pertamanya yaitu Purnawarman yang memiliki kepercayaan Hindu beraliran Wisnu.

5. Kerajaan Kutai (Muara Kaman, Kalimantan Timur)


Kerajaan Kutai sama tuanya dengan kerajaan Tarumanegara berdiri pada abad ke 4 yang letaknya di muara sungai Mahakam Kalimantan Timur. Raja pertamanya yang sangat terkenal yaitu Aswawarman memiliki kepercayaan Hindu. Aswawarman sendiri anak pertama dari pendiri kerajaan ini yaitu Maharaja Kudungga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel