Para Penemu Dan Pemain Biola Pertama Kali Di Dunia


Para pembuat biola pertama kali berasal dari Italia Utara antara lain ialah Gasparo da Salo (1540-1609) dan Giovanni Maggini (1579-1630?) dari Brescia, lalu Andrea Amati dari Cremona. Pada abad ke-17 dan ke-18 sudah ada bengkel pembuat biola di Italia, yaitu dari Antonio Stradivari dan Giuseppe Guarneri dari Cremona dan seorang orang Austria Jacob Stainer.

Andrea Amati adalah orang yang pertama kali membuat biola sekitar tahun 1555. Itu karena suara yang unik dan menyenangkan, Raja Perancis Charles IX saat itu sangat terkesan lalu memerintahkan Andrea Amati untuk membuat 24 buah instrumen sekaligus.

Pada abad ke-18, desain biola mengalami sejumlah perubahan yang signifikan. Sejak saat itu biola pun jadi populer, baik di antara para pemusik jalanan maupun para bangsawan. Buktinya, raja Perancis Charles IX menyuruh Amati untuk membuat 24 biola untuknya pada tahun 1560.

Biola tertua yang masih ada saat ini adalah salah satu dari ke-24 biola ini, dan diberi nama "Charles IX", dibuat di Cremona tahun c.1560.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel