Tips Irit Saat Berpuasa Buat Anak Kost


Berpuasa bersama keluarga memang saat yang paling dinanti. Selain kebersamaan yang bikin makin cinta sama keluarga, kita juga bisa dimanjakan oleh masakan Mama tercinta. Tapi lain cerita dengan para pejuang ilmu yang merantau dari daerah demi kuliah. Mahasiswa yang nge-kost harus pintar-pintar mengatur keuangan dan mandiri dalam memenuhi kebutuhan saat bulan puasa. Berikut ini adalah tips berpuasa yang bisa dicoba oleh mahasiswa yang nge-kost dan jauh dari orang tua.

1. Persiapan Yang Matang Itu Penting

Foto: csrpdamkotabogor.wordpress.com
Penting banget untuk menyiapkan kebutuhan terutama makanan pokok seperti beras. Selain itu jangan lupa siapkan juga lauknya. Kalau kamu sudah terbiasa makan mie instan, coba deh dikurangi. Bisa juga dengan makanan lainnya seperti sosis, nugget dan makanan lainnya yang praktis untuk dimasak. Sangat penting untuk menyiapkan semuanya sebelum puasa tiba dan sebelum harga-harga naik.

2. Bergabung Dengan Remaja Masjid Kampus/Sekitar Kost

Foto: remah-anugrah-hidayah.blogspot.com
Kalau kamu bergabung dengan remaja masjid, selain bisa sosialisasi dengan warga asli sekitar kamu juga bisa dapat takjil gratis setiap hari dari acara buka puasa bersama di masjid. Lumayan kan bisa menghemat pengeluaran.

3. Ikutan Sahur On The Road

Foto: mindtalk.com
Kalau tadi dapat buka puasa dari masjid, kali ini giliran dapat makan sahur gratis dari sahur on the road. Makin tambah menghemat pengeluaran kamu deh.

4. Jangan Berbuka Puasa Berlebihan

Foto: azbeesoft.wordpress.com
Jadi anak kost itu mesti irit. Gak usah kepingin buka puasa denga menu sebanyak di restoran padang. Makan secukupnya saja jangan berlebihan. Kalau kebanyakan makan bisa-bisa kamu ngantuk pas solat tarawih.

5. Kuatkan Niat

Foto: hendrygs.blogspot.com
Nah, tips yang ini merupahkan tips yang paling penting saat kamu berpuasa. Mau dimana dan sama siapapun kamu berpuasa, kalau niatnya udah mantap mah gak akan ada masalah kan? 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel