5 Kebiasaan Di Bulan Puasa Ini Bisa Berdampak Buruk Lho Untuk Kesehatan Kamu

Ramadhan datang, pertanda bagi seluruh umat muslim di dunia untuk menjalankan ibadah puasa. Di bulan nan berkah ini, orang-orang berlomba untuk beribadah dan fokus memperbaiki diri. Padahal selain fokus ke ibadah dan memperbaiki diri, kesehatan tubuh juga penting untuk diperhatikan. Tanpa disadari, banyak kebiasaan buruk yang dilakukan saat bulan puasa yang bisa mengganggu kesehatan lho, diantaranya 5 kebiasaan berikut ini:

1. Terlalu Banyak Makan Makanan Manis Saat Sahur

Foto: magic4walls.com
Banyak makan makanan manis bisa bikin kamu cepat lemas, ngantuk dan cepat lapar. Hal ini terjadi karena makanan manis meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dan menurunkannya kembali dalam waktu yang cepat. Sehingga menyebabkan kamu kekurangan zat gula yang fungsinya memberikan energi pada tubuh kamu guys.

2. Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Foto: sidomi.com
Setelah makan, lambung membutuhkan waktu untuk memproses dan mencerna makanan. Kalau kamu punya kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur, sebaiknya kamu hindari deh. Soalnya, kebiasaan tersebut bisa menimbulkan gangguan lambung seperti naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan kamu mual dan kembung.

3. Sengaja Tidak Makan Sahur

Foto: dailymail.co.uk
Kamu pernah gak sahur karena malas bangun atau malas untuk menyiapkan makanan sahur? Sepertinya kamu harus membuang jauh-jauh kebiasaan buruk tesebut. Berpuasa tanpa makan sahur sama sekali bisa menyebabkan kamu dehidrasi alias kekurangan cairan. 

4. Makan Goreng-Gorengan Saat Berbuka Puasa

Foto: majalahonlinewanitaindonesia.com
Aneka ragam gorengan dan sambal yang pedas memang terlihat sangat menggiurkan untuk di santap saat berbuka puasa. Tapi, sebenarnya gorengan berdampak buruk lho buat kesehatan kamu. Selain menyebabkan gangguan pada tenggorokan seperti batuk, makanan berlemak ini juga bisa menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh.

5. Balas Dendam Saat berbuka Puasa

Foto: gloobalz.blogspot.com
Perut yang kosong setelah berjam-jam puasa memang membuat kamu merasakan lapar yang luar biasa. Alhasil, ketika berbuka melihat aneka hidangan di depan mata langsung di santap dengan kalap. Padahal kebiasaan sepeti itu bisa bikin lambung kamu kaget dan luka. Ada baiknya kamu makan makanan secukupnya saja. Ingat! puasa itu bukan sekedar gak makan dan minum, tapi yang terpenting itu pengendalian diri.

Semoga beberapa informasi tersebut bisa bermanfaat ya guys. Selamat melaksanakan ibadah puasa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel