7 Hal Yang Harus Kamu Tau Dan Lakukan Di Bulan Puasa


Bulan Ramadhan atau puasa bagi umat islam adalah bulan yang ditunggu-tunggu pasalnya di bulan ini umat islam mendapatkan berkah, hikmah dan ampunan serta pahala yang tak terhingga. Bahkan tidurnya orang yang sedang berpuasa mendapatkan pahala apa lagi kalau berbuat sesuatu yang berguna bagi orang lain terlebih untuk dirinya sendiri. Nah teoope.com mau kasih tau hal yang harus dilakukan agar puasa kamu berkah dan keimananmu bertambah :

1. Menyegerakan Berbuka Puasa 

Apabila sudah masuk dalam waktu berbuka segerakanlah karena didalamnya terdapat banyak kebaikan (HR. al-Bukhari - Muslim)

2. Diwajibkan melaksanakan makan sahur

Disaat kita akan berpuasa kita diharuskan makan sahur agar puasa kita terjaga dengan baik serta baik juga untuk kondisi fiisik kita dan dalam sahur terdapat banyak berkah (HR. al-Bukhari - Muslim)

3. Membaca Al-Qur'an

Selain menahan hawa nafsu dan menahan lapar kita juga harus mengisi ramadhan dengan membaca ayat-ayat Al-Qur'an karena itu akan mendatangkan pahala yang berlimpah dari pada harus keluar gak jelas dan jangan lupa ayat Al-Qur'an pertama kali diturunkan pada bulan ramadhan.

4. Memberikan makan berbuka puasa (tajil)

Barang siapa yang memberikan makan (berbuka) kepada orang yang berpuasa maka akan mendapatkan pahala sama seperti orang yang sedang berpuasa (Shohih Nasa'i dan Tirmidzi). Ada baiknya manfaatkan lah sebagian rezekimu untuk memberikan makan kepada pakir miskin dan anak-anak yatim (yang berpuasa).

5. Shalat Tarawih Berjamaah

Ibadah sunnah  yang paling khas di bulan ramadhan adalah shalat tarawih di mesjid atau moshala, selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda nilai silaturahmi pun akan terjalin erat itu akan mengurangi dosa-dosa yang ada pada kita akan tetapi tarawih bisa dilakukan dirumah.

6. Lailatul Qadar

Dalam bulan ramadhan ada malam yang sangat istimewa khusus diberikan Allah pada kita yang berpuasa. Malam Lailatul Qadar adalah malam penuh berkah, satu malam yang mempunyai nilai sama dengan seribu bulan. Rasulullah SAW beliau menyuruh kita untuk mencarinya di malam-malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Kenapa harus kita cari ? " Barang siapa yang shalat di malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita di masa lampau begitu yang dikatakan nabi Muhammad SAW diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

7.  Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah memberikan 2.5 persen penghasilan kita untuk membantu saudara kita yang membutuhkan dalam bentuk uang atau benda dan ini sangat diwajibkan. Pembayarannya harus dilakukan sebelum Ramadhan berakhir, tujuannya adalah untuk mensucikan diri dan membatu yang kesusahan ini dilakukan oleh perempuan, laki-laki, orang tua, muda sampai anak-anak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel