10 Virus Top Berbahaya Di Komputer Dan Kamu Harus Tahu

Virus komputer adalah sebuah program atau bagian dari kode yang dimuat ke dalam komputer kamu tanpa sepengetahuan dan dapat meruksak data yang ada. Virus komputer pertama kali dikembangkan pada tahun 1986 oleh dua bersaudara Pakistan di Lahore Pakistan. Virus komputer pertama bernama "Brain" dirancang oleh Amjad Farooq Alvi dan Basit Farooq Alvi. Virus komputer biasanya menyebar dari media removable, dari download di internet dan dari lampiran e-mail.



Sebagian lagi, para hacker berkerja secara langsung pada pemerintah atau badan intelijen untuk melindungi keamanan negara. Berikut ini teoope.com hadirkan 10 virus komputer paling berbahaya di dunia internet, yaitu :

1. Jerusalem, aka Friday 13th, (1987)

Sebagai salah satu yang pertama virus MS–DOS, menginfeksi komputer dibanyak negara, universitas, lembaga dan perusahaan di seluruh dunia, Jerusalem menginfeksi ribuan komputer tanpa ampun. Pada tiap hari Jumat tanggal 13, virus menghapus semua file program tepat berada pada hard drive yang terinfeksi.

2. Morris aka “Internet Worm” (November 1988)

Ini adalah virus jenis “worm” pertama di dunia. Pada awalnya internet yang terinfeksi lebih dari 6000 komputer di Amerika Serikat! termasuk beberapa milik NASA.

3. Melissa (1999)

Virus Melissa juga dapat menyebar otomatis dengan cara mengirimkan dirinya sendiri ke e-mail semua teman dan kerabat kamu (mass-mail) dengan membaca alamat e-mail lalu memanfaatkan aplikasi Outlook, akibatnya membuat overloading server di dunia internet.

4. Love Letter / I Love You / Lovebug (May, 2000)

Pada tahun 2000, jutaan orang membuat kesalahan dengan membuka lampiran e-mail yang berlabel sederhana, “I Love You”. Virus itu dikirim oleh seorang programmer yang masih duduk di bangku sekolah berasal dari Manila, filipina.

5. Zeus (2007)

Kit malware adalah Virus yang menargetkan informasi pribadi dan sangat banyak tersebar di dunia maya. Zeus sendiri sudah diperdagangkan oleh penjahat cyber saat ini, lalu dijual di jaringan bisnis kejahatan cyber. Virus ini mampu mencuri password serta file Anda.

6. Malware (Malicious Software)

Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Sebenarnya Malware itu adalah sebuah software atau program komputer, namun Malware dibuat dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Malware juga dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), menghabiskan bandwith bahkan sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer yang tentunya akan merugikan orang lain.

7. Worm Komputer (2006)

Worm adalah Malware yang bisa mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga. Yang artinya, jika worm sudah berhasil masuk dalam sebuah komputer atau jaringan komputer maka worm ini akan dapat berpindah ke komputer lain di dalam sebuah jaringan secara otomatis tanpa dapat dicegah oleh pemilik komputer lain yang ada di dalam jaringan tersebut.

8. Spyware

Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.

9. Trojan

Trojan adalah program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komuter tersebut.

10. Shortcut (Ramnit, 2011)

Virus Shortcut/Ramnit adalah virus yang paling sukses menyebar di tahun 2011, dengan kemampuan update layaknya program anti virus Ramnit berhasil mengecoh system scanner program anti virus. Virus yang muncul akhir bulan Januari 2011 ini mempunyai kemampuan untuk menginjeksi file yang mempunyai ekstensi EXE dan DLL baik berupa file program aplikasi maupun file system Windows.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel