Ternyata Ini Toh Aslinya Benang Wol Pada Pakaian


Bahan pakaian wol berasal dari bulu biri-biri. untuk itu, ada jenis biri-biri khusus yang diternakan buat diambil bulunya. Bulu itu diproses jadi serat-serat yang kemudian ditenun jadi bahan wol. oleh karena itu serat wol termasuk serat alam yang terbuat dari protein yang disebut keratin.

Australia dan Selandia Baru negara yang terkenal dengan produk wol nya. Kedua negara itu memproduksi 40 % dari pasaran wol dunia, Wol terbaik dari Australia. Negara-negara lain yang produksi wol adalah Rusia, Cina, Argentina, Afrika Selatan, Uruguay, dan Amerika Serikat.

Bahan wol dikenal sekitar 4000 tahun sebelum masehi, meski biri-biri sudah dipelihara sejak 6000-10.000 tahun sebelum masehi. ini dibuktikan dari hasil penggalian arkeologi di Mesir. Diperkirakan manusia purba belum mengenal wol, mereka pakai kulit hewan sebagai pakaian.

Eropa baru mengenal wol sekitar 1500 tahun sebelum masehi dibuktikan dari penemuan arkeologi di Jerman, bangsa romawilah yang menyebarkan pengetahuan tentang bahan wol keseluruh eropa. Terungkap pula perjalanan Christoper Colombus yang terkenal itu dibiayai dari hasil wol spanyol.

Karakteristik Wol

Panjang serat wol berpariasi antara 3,8- 38 cm. wol halus dari serat-serat pendek : 3,8 - 15 cm. makin panjang serat, makin kasar bahan wol yang dihasilkan. yang unik dari wol adalah bahwa serat wol aslinya berelombang. Jika ditenun maka gelombangnya akan memerangkap udara sehingga terbentuk kantung udara yang membuat bahan wol hangat dan ringan.

Gelombang itu juga menyebabkan serat wol memiliki elastisitas tinggi. Serat wol bisa ditarik tanpa putus dan akan kembali kebentuk semula tapi serat wol dalam keadaan basah, tidak sekuat dalam  keadaan kering. Karena punya elastisitas tinggi bahan wol awet, tahan tarik, tahan gores, dan pastinya tahan robek. Warna wol tidak mudah pudar dan seratnya mudah menyerap celupan warna.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel