5 Saran Finansial Untuk Umur 20an Buat Keuangan Kamu Stabil


Usia 20 tahunan menjadi masa-masa dimana banyak aktivitas kurang efektif dan tidak adanya kontrol finansial lebih baik. Karena itulah fase usia 20 tahunan sebaiknya dicermati kembali, jangan sampai ada masalah keuangan yang seharusnya sudah bisa menjadi modal utama untuk membuat tabungan sejak dini. Jadi ada beberapa saran finansial untuk umur 20an yang benar-benar bermanfaat dan membuat ekonomi bulanan Anda lebih stabil.

Saran Finansial Untuk Umur 20an Buat Keuangan Lebih Stabil

Stabilnya ekonomi dan keuangan bulanan pasti menjadi impian siapa saja yang sedang berada di usia 20an. Karena itulah pengaturan penghasilan jadi kunci utama kemudian pengelolaan keuangan juga harus mencakup semua aspek. Jangan sampai Anda tergoda oleh berbagai transaksi yang merugikan diri sendiri.
Lalu seperti apa saran finansial yang penting di usia 20an yang membuat keuangan lebih stabil?

1. Jangan Tergoda Gunakan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit memang membuat segala transaksi jadi lebih ringkas dan cepat. Akan tetapi, penggunaan kartu kredit kurang tepat bagi Anda yang belum memiliki finansial tetap bahkan punya kebiasaan belanja barang konsumtif. Karena itulah penggunaan kartu kredit sebenarnya bukan keputusan tepat, karena harus membayar biaya cicilan tiap bulan, kemudian dari resiko tagihan membengkak juga bisa terjadi kapan saja.

Oleh sebab itu penggunaan kartu kredit sebaiknya tidak dilakukan di usia 20an. Resiko terjadinya gagal bayar dan kerugian berupa pemberian denda juga sering terjadi bagi pengguna kartu kredit.

2. Sebisa Mungkin Buat Dana Pensiun Sejak Dini

Satu hal paling penting untuk melengkapi semua kebutuhan di masa tua adalah penggunaan dana pensiun. Karena itulah Anda harus mencermati semua aspek yang harus mencakup beragam solusi finansial Anda. Jadi sebisa mungkin  saran finansial untuk umur 20an harus mengatur dana pensiun meskipun dimulai dari nominal kecil. Mumpung masih muda sebaiknya persiapkan dana pensiun sejak dini. Akan tetapi, perlu finansial yang sudah matang untuk menjalankannya. Ada berbagai produk pendukung dana pensiun seperti asuransi ataupun investasi emas dan lainnya.

3. Atur Pengeluaran dan Pemasukan Bulanan

Pencatatan pemasukan dan pengeluaran setiap hari selama satu bulan menjadi modal penting untuk siapa saja di usia 20an. Membeli barang konsumtif untuk kebutuhan sehari-hari akan jadi modal penting, akan tetapi semuanya membutuhkan dana cukup besar. Karena itulah atur pengeluaran sekaligus pemasukan bulanan dan kurangi kebiasaan boros karena menganggu finansial Anda.

Jangan mudah tergoda oleh barang-barang mewah dari para artis, ataupun mengikuti trend masa kini. Sebab ketika Anda mengikuti trend membeli barang tak penting, maka potensi memperoleh pendapatan dan pengeluaran menjadi tidak seimbang.

4. Harus Buat Finansial Plan Lebih Jelas

Ada baiknya Anda melakukan finansial plan lebih jelas karena memberi manfaat terbaik untuk bisa menabung dan berinvestasi. Buatlah target dalam 5 tahun ke depan Anda bisa memiliki sebuah rumah ataupun memiliki rencana untuk menikah. Karena itulah dengan membuat rencana keuangan dan menjadi satu modal saran finansial untuk umur 20an pastinya mampu menghadirkan pengaturan arus uang dan investasi lebih baik.

5. Mengikuti Asuransi Kesehatan

Menjadi modal penting untuk siapa saja yang berusia 20 tahunan dengan mengikuti asuransi kesehatan. Biaya cukup besar dari asuransi kesehatan memang membuat pemasukan Anda terganggu, tetapi cek kembali dari semua tujuan asuransi kesehatan yang mana memberi solusi di masa tua ataupun sebagai langkah antisipasi terhadap gangguan kesehatan di masa-masa tua.
Banyak  saran finansial untuk umur 20an yang semuanya bisa memberi manfaat sempurna bagi siapa saja. Mengatur keuangan adalah cara paling tepat untuk bisa sukses finansial. Jadi tidak ada salahnya Anda atur keuangan sedini mungkin agar tak mendapat banyak masalah finansial kelak.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel