7 Perbedaan Saat Kamu Masih Menjadi Pelajar SMA dan Saat Sudah Menjadi Mahasiswa


Bagi kamu yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke dunia perkuliahan, pastinya kamu akan mengalami masa transisi dari seorang pelajar SMA menjadi seorang mahasiswa. Biar kamu gak kaget ketika memasuki dunia perkuliahan, berikut ini teoope.com bakal share beberapa informasi tentang perbedaan saat menjadi pelajar SMA dan setelah menjadi mahasiswa.

1. Seragam
Foto: agustyar.com & akronchildrens.org

Ketika SMA, seragam putih abu-abu adalah adalah seragam yang wajib dipakai. Tapi seragam itu sudah tidak berlaku lagi bagi seorang mahasiswa. Kamu bebas memakai pakaian yang sesuai dengan gayamu. Meskipun bebas, pastinya tetap menjunjung tinggi nilai kesopanan ya.

2. Buku Bacaan
Foto: rumahtips.com
Beruntunglah kamu yang punya hobi baca, why? Karena di dunia perkuliahan kamu harus membaca banyak buku sebagai bahan referensi mata kuliah yang diambil. Kalau di SMA kamu hanya perlu satu buku paket untuk satu mata pelajaran, di dunia perkuliahan kamu wajib punya banyak buku referensi untuk satu mata kuliah.

3. Alat Tulis


Foto: kaskus.co.id & pixshark.com
Lupakan yang namanya buku tulis, karena biasanya mahasiswa memakai binder untuk mencatat materi. Laptop pun bukan menjadi kebutuhan mewah lagi melainkan sudah menjadi kebutuhan utama bagi mahasiswa.

4. Guru dan Dosen


Foto: kkgjaro.blogspot.com & pedidikanindonesia.com
Kalau di SMA, kita di ajar oleh Bapak/Ibu guru yang bersedia menjelaskan pelajaran secara panjang lebar. Berbeda dengan guru, dosen biasanya meminta mahasiswa lebih aktif di kelas. Biasanya gaya belajar yang di gunakan oleh dosen adalah diskusi dan presentasi.

5. Mandiri Mencari Informasi


Foto: featurepics.com
Di dunia kuliah, gak ada lagi yang namanya surat edaran yang menginformasikan kapan harus bayar SPP atau kapan ujian smester. Seorang mahasiswa harus selalu madiri dan aktif untuk mengupdate informasi. Biasanya informasi yang berhubungan dengan perkuliahan akan di umumkan di mading ataupun di website kampus.

6. Jadwal Belajar


Foto: informatika.ums.ac.id
Jadwal yang tersusun dari jam tujuh pagi sampai jam dua siang dan berlaku dari hari Senin sampai hari Sabtu itu hanya berlaku di SMA. Ketika kuliah, kamu bisa jadi mendapatkan jadwal kosong di sela-sela jadwal kuliah dalam satu hari. Misalnya di hari Senin kamu ada jadwal mata kuliah pertama jam 08.00-09.30 bisa jadi kamu mendapatkan jadwal mata kuliah yang kedua pada jam 13.00-14.30. Jadi ada jam kosong yang bisa kamu gunakan untuk makan, ke perpustakaan ataupun nongkrong sama teman-teman.

7. Upacara dan Olahraga


Foto : berandadunia.blogdetik.com & fargantech.blogspot.com
Siapa yang sering bolos upacara dan kabur saat pelajaran olahraga ketika SMA? Ayo ngaku! Pastinya kamu bakal kangen sama dua hal tadi ketika kamu sudah jadi mahasiswa. Karena di dunia perkuliahan, tidak ada yang namanya upacara hari Senin dan olahraga bersama. Kecuali bagi mahasiswa yang mengambil jurusan Olahraga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Tulis Komentar Kalian

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel